Hai, Sahabat Backpack, tentunya sudah tahu dong sama Dalgona Coffee yang belakangan ini tengah viral. Tidak sedikit pengguna media sosial memanfaatkan waktu #dirumahsaja karena pandemi Covid19 mencoba membuatnya sendiri. Ada yang belum coba?

Tidak apa-apa, Backpack Rin pun baru buat minggu ini karena penasaran. Ya, walau bukan cofee lovers, namun sesekali kopi selalu menjadi pilihan untuk menjaga mata agar tetap terjaga. Entah itu saat begadang maupun di siang hari saat ngantuk melanda di tengah pekerjaan yang tak kunjung usai.

Kandungan kafein dalam kopi memang ampuh bikin mata melek. Hal tersebut karena fungsi kafein untuk menghambat kerja senyawa adenosine dalam tubuh. Senyawa ini yang menyebabkan rasa ngantuk. Namun saat kafein lebih mendominasi tubuh kita maka sistem kerja adenosine menjadi terhambat.

Dalam beberapa kasus, bahkan Backpack Rin pernah mengalaminya setelah meminum kopi pun rasa ngantuk tetap saja tidak terelakkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa adenosine yang lebih mendominasi tubuh. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti genetik, umur, kebiasan konsumsi kafein, waktu konsumsi, kafein yang sulit dicerna dan lainnya. So, jangan heran jika mengalami hal tersebut.

Btw, bahas soal Dalgona sudah tahu sejarahnya kenapa menjadi viral?

Baca Juga : Cara Beda Ngemil Kentang Goreng Ala Montato

Penyebab Dalgona Coffee Menjadi Viral

cara membuat dalgona cofee

Fakta Unik Dalgona Kopi

Berdasarkan informasi yang Backpack Rin baca dari berbagai sumber bahwa Dalgona Coffee ini adalah kopi krim yang bukan hal baru lagi di beberapa negara. Bahkan kopi krim memiliki nama yang berbeda seperti di India kopi krim disebut Phenti Hui. Sedangkan nama Dalgona berasal dari Korea Selatan.

Pada sebuah acara variety show KBS yaitu Stars Top Recipe at Fun-Staurant pada tayangan di awal tahun 2020, saat Jung Il Wo mengunjungi restoran di Makau dia mencicipi es kopi. Ternyata es kopi tersebut membuatnya excited karena mengingatkan pada permen gula ”ppopgi” atau dalgona.

Permen gula ppopgi ini sudah populer sejak tahun 1970 di Korea. Terbuat dari campuran gula dan minyak yang dibuat menjadi sirup. Lalu, saat melelehkan sirup gula tersebut dicampur dengan baking soda. Ppopgi memiliki motif atau bentuk karakter yang beragam.

Selain itu, dalam proses pembuatannya tak kalah membuat kagum karena kopi dan gula dikocok selama 400 kali sehingga membentuk whip cream. So, tidak heran saat Pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan sosial distancing dan lebih baik di rumah saja, booming challenge membuat Dalgona Coffee yang kini menjadi viral.

Menarik, sekali! Memang tidak ada salahnya mengisi waktu luang di rumah dengan melakukan hal positif dan menyenangkan. Termasuk mengocok kopi. Haha. Tentu saja, bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana membuat banyak orang mencobanya sendiri di rumah. Penasaran?

Baca Juga: Makan Malam di Restoran Ta Wan

Cara Membuat Dalgona Coffee tanpa mixer

Selama mengamati media sosial, banyak teman-teman yang mempraktikannya. Dari tiba-tiba beli mixer, gagal setelah mencoba berulang kali, dan kendala lainnya. Alhasil, Backpack Rin semakin penasaran, sesulit apa si membuat kopi yang tengah viral tersebut?

Setelah mencoba ternyata mudah banget. Dengan dua kali percobaan, pertama pakai mixer dan kedua tanpa mixer. Hasilnya, lebih simpel mengocok manual. Tanpa mengocok 400 kali pun kopi dan gula cepat membentuk krimnya.

Jika Sahabat Backpack gagal saat membentuk foam, penyebab terbesarnya karena memakai kopi yang sudah ada campuran gula dan krim. Sedangkan untuk menghasilkan whip cream yang maksimal lebih baik menggunakan kopi klasik tanpa campuran.

Di sini Backpack Rin memilih Nescafe klasik untuk kopinya. Ingat ya, yang tanpa campuran. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan :

  • Nescafe 2 sdm
  • Gula pasir 2 sdm
  • Air hangat 2 sdm
  • Susu full cream 200 ml
  • Es batu (sesuai selera)

Cara Membuat :

  1. Campurkan Nescafe, Gula Pasir dan Air Hangat lalu kocok (tanpa mixer) sampai mengembang membentuk foam atau whip cream.
  2. Siapkan gelas, isi dengan susu dan es batu.
  3. Letakkan krim kopi yang sudah dibuat sebelumnya di atas susu.
  4. Selesai. Nikmatilah dengan sepotong cookies favorit kamu.

Simpel banget, kan? Tanpa mixer dan tanpa drama. lol.

38 Replies to “Fakta Unik Dalgona Coffee dan Resep Praktis Anti Gagal!”

    1. Iya mba ini kopi emang lagi viral banget di story’ temen2 banyak banget yang updet dalgona Coffe, akhirnya aku penasaran juga dan coba2 bikin alhasil berhasil emang bener sih karna efek #dirumahaja jadi mencoba bikin sesuatu yang lagi viral ini hehe

  1. Wah kl aku kebalikannya mbak. Adekku kmrin mnta bikin dagolna, pertama bikin pke nescafe klasik lgsg jd dimixer, nah bikin kedua kalinya pakai kopi bubu asli malah nggak mau jd foam. Wkwkwk

  2. Booming dalgona udah lama “menyerang” akun medsosku. Berhubung saya sedang diet kopi, jadinya berita ini lewat begitu saja. Nah, baru kali ini saya memperhatikan dengan baik cara membuatnya, ternyata lumayan simple ya.

  3. Wah, ternyata yang membuat viral Jung Il Woo bias saya 😆👏. Duh, jadi langsung semangat untuk mencoba. Catat bahan-bahannya dan bergegas ke warung terdekat. Cuss. Nanti mampir buka lagi untuk praktiknya 😁

  4. Ooh ini kopi yg lagi viral ya.
    Kayaknya enak, pengen coba juga, ah.
    tapi aku gak suka susu cair, bisa diganti dgn apa ya mbak? Atau diminum hasil mixernya aja tanpa susu cair enak gak ya?

    1. Belum coba pakai yang lain mba, tapi menurut saya memang bagusnya susu cair murni.
      Kalau pakai yang manis, takut diabetes.

  5. Yappari,ini kan kak Erin Tomojikan hehe. Saya kira ganti nama blog kak. Keren banget pny dua blog kak Erin! Dan keduanya pun kece!
    Terima kasih tips dalgona ny kak, tanpa mixer tanpa drama 😀

  6. Banyak orang bilang bahwa “klo ngantuk melanda minum kopi nanti jadi melek ngantuknya ilang”. Entah pernyataan ini bener atau salah tapi klo terjadi di saya, walaupun minum kopi tetep ngantuk kyak nggak pengaruh.

    Jadi pengen mencoba Dalgona Coffee apakah bener kopi dg penyajian gini bisa menghilangkan ngantuk 🙂

  7. Udah nyobain bikin Dalgona Coffe, dari yang dikocok manual pake saringan sampe pegel tangannya, dimixer juga udah pernah. Hasilnya enak banget nih! Kalo ada yg bikin gagal mungkin karena pakai kopi yang sudah ada gulanya :))

  8. sari sejak kapan anak saya ngajak bikin dialgona Cofee ini tapi samapi sekarang belum kesmapaian bikin, Dan kapan tuh lihat di medsos bagaimana orang menyelesaikan tantangan ini. Lucu, ada yang berhasil dan ada yang tidak. btw makasih resepnya.

  9. Saya masih aliran kopi item aja deh, Mbak. Tapi, bisa dicoba sih kapan-kapan. Soalnya, hampir semua orang di lingkaran saya ngomongin ini kopi.

  10. Mbak, jujur sampai hari ini aku belum pernah coba bikin Dalgona Coffe. Nggak ada kendala khusus sih, sebenarnya. Cuma belum ada ketertarikan hati aja. Duh, viral banget yaa…

  11. Duh si Dalgona lagi. Sedang daun sepertinya. Simpel ya Mbak buatnya. Saya sendiri blm pernah buat krn memang enggak suka kopi. Simpel banget Cara buatnya, besok praktekin ah.

  12. Wah, ini, nih minuman yang lagi viral sekarang ini. Awalnya bingung Dalgona Coffee tuh apaan? Hehe … Suami pernah bikin ribet ngocoknya. Dia bilang gitu. Bagus juga nih dikasih tips sama Mbak Erin. Saya kurang suka kopi, sih, kalau suami suka

  13. Wooow ngocok Dalgona Coffee tanpa mixer?? Hmmm pingin nyoba tapi masih takut gagal wkwk. Jadi penasaran tapi mba akutu kok bisa ngocok manual malah bisa bikin lebih kentel.

  14. Apakah cuma aku yang belum nyoba bikin kopi dalgondalgandul inihh??? #menolakmainstream. Ntah kenapa nggak tertarik aja… Bai de wai, kopi dalgondes kamu foamnya lutcu banget gitu… 😀

  15. haduuh, kayaknya sisa saya nih yang belum coba buat Dalgona Coffee yang fenomenal ini, gak doyan kopi sih jadi makanya penasarannya biasa aja, padahal sih bisa juga dengan coklat ya hihihih
    nantilah kapan-kapan buat juga biar ikut kekinian *ehh

  16. Karena saya bukan pecinta kopi jadi nggak terlalu ertarik juga sih ikutan challenge bikin dalgona coffee ini eh tapi penasaran juga sih mau buat apalagi caranya simple juga ya cuma kocoknya itu lho. Syukur2 kalau nggak sampai 400 kali kocokan hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *