Kebun Raya Cibodas adalah salah satu kawasan konservasi yang dapat dinikmati khalayak banyak. Di mana para pengunjung dapat menghabiskan liburan seru dan menyenangkan bersama orang tercinta. Bisa juga sebagai salah satu tempat pilihan untuk mengadakan acara sekolah atau komunitas.

Terletak di kaki Gunung Gede dan Pangrango, Kebun raya satu ini berdiri sejak tanggal 11 April 1852 oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor yaitu Johannes Ellias Teijsmann. Awalnya sebagai area aklimatisasi tumbuhan dari luar negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Pohon Kina. Lalu, menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor yang saat itu bernama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Sejak tahun 2003, kebun raya yang menjadi salah satu jalur pendakian gunung Gede Pangrango ini mampu berdiri sendiri. Walau begitu masih berhubungan dengan Kebun Raya Bogor yaitu sebagai Unit Pelaksan Teknis Balai Konservasi Tumbuhan di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Berkunjung ke sini bisa dalam kondisi santai sekedar berkeliling di kawasan KRC atau bagi penikmat alam bebas yang menyukai tantangan bisa hiking dan mendaki ke puncak Gede Pangrango. Berlibur di sini bisa juga menjadi pilihan destinasi liburan di akhir pekan maupun libur panjang. Hal tersebut karena lingkungan yang alami terasa begitu segar dan menyejukan paru-paru. Mampu meringankan tubuh untuk sejenak menghirup oksigen yang lebih bersih dibandingkan oksigen di perkotaan.

Spot Menarik Kebun Raya Cibodas

Para pengunjung dapat mengunjungi beberapa spot menarik yang tersedia. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Taman Lumut

taman lumut kebun raya cibodas

Sejak di bangun tahun 2004 dengan luas taman 1.500m2 dibentuk menyerupai habitat lumut di alam seperti pada batang pohon, tanah, batu-batuan dan media tertentu. Di mana hingga saat ini terdapat kurang lebih 134 koleksi lumut. Lumut sendiri memiliki fungsi sebagai penyedia oksigen, penyimpan air dan menyerap polutan.

Air Terjun

air terjun cibogo cibodas

Tidak jauh dari taman sakura terdapat air terjun Cibogo dengan ketinggian 15 sampai dengan 18 meter. Terdapat kolam kecil di bawah air terjun. Ada juga air terjun dengan lokasi yang lebih jauh dari pintu masuk yaitu Air Terjun Ciismun. Lokasinya berada di ketinggian 1275 mdpl yang mengalir di antara dua bukit besar yaitu bukit Gunung Batu dan bukit Cibodas. Selain itu, terdapat juga Curug Cibeureum yang sangat Indah dengan lokasi berada di jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango. Terdapat dua curug yang saling berdampingan dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Taman Sakura

Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang jika ingin menikmati cantiknya bunga sakura yang berwarna pink. Kebun Raya Cibodas terdapat Taman Sakura dengan koleksi 7 jenis sakura. Namun yang ada di taman hanya 5 jenis saja yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp. Bunga Sakura akan bermekaran dua klai dalam setahun yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus dengan rentang waktu selama 1 minggu.

Taman Rhododendron

Taman ini dibangun untuk koleksi bunga Rhododendron atau bunga Azalea dari berbagai negara. Terdapat 3 jenis koleksi bunga Azalea yang berasal dari Jawa yaitu Rhododendron javanicum dan Rhododendron maegregoriae dari Papua. Sedangkan satunya dari Jepang yaitu Rhododendron mucronatum.

Rumah Kaca

kaktus rumah kaca

Di rumah kaca ini terdapat berbagai jenis kaktus dan anggrek. Tujuan dari tanaman kaktus berada di ruangan tertutup adalah untuk menjaga kondisi suhu udara agar sesuai dengan habitat aslinya karena kaktus tersebut berasal dari daerah gurun. Tidak heran jika kaktus tumbuh dengan baik dan besar-besar.

Kolam Besar

Merupakan area padang rumput yang dikelilingi gunung dan pepohonan dengan kolam yang bisa menjadi spot favorit untuk bersantai. Lebih menarik tidak jauh dari kolam besar terdapat juga Guest House untuk pengunjung yang hendak bermalam.

Koleksi Paku-Pakuan

Selain digunakan sebagai obat tradisional, tumbuhan paku-pakuan bisa juga sebagai tanaman hias dan dibuat kerajinan tangan. Terdapat 101 buah koleksi yang berasal dari berbagai daerah.

Jika belum puas mengunjungi spot di atas silahkan berkunjung juga ke Taman Liana yang memiliki koleksi berbagai jenis tumbuhan panjatan. Tanaman ini biasanya memanjat pada tumbuhan lain sedangkan akarnya tetap berada di tanah. Di mana tanaman Liana berasal dari Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi tengah.

Terdapat juga Konservatorium dan Taman Obat dengan koleksi 164 jenis tanaman obat. Salah satunya adalah tanaman Antanan dengan nama latin Centella asiatica yang dapat digunakan sebagai obat peningkat daya ingat.

Wisata Alam Kebun Raya Cibodas

wisata alam kebun raya cibodas

Kebun Raya Cibodas memang pilihan wisata alam yang tidak boleh terlewatkan. Banyaknya aneka tumbuhan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita. Bumi yang kita tempati ternyata dikelilingi oleh berbagai jenis tumbuhan yang unik dan menarik dengan jumlah yang tidak sedikit. Terlebih berkunjung ke kebun raya satu ini, kita bisa sekaligus bermain di air terjun yang berada di dalam kawasan. Komplit!

Spesial rekomendasi untuk Sahabat Backpack yang hendak berkunjung ke KRC jangan lewatkan menikmati momen indah saat sakura bermekaran. Perlu diingat sakura hanya mekar selama tujuh hari, ya. Sedangkan untuk berkeliling kawasan dengan luas 84.99 hektar tersebut bisa dengan menyewa sepeda atau Shuttle Bus yang tersedia khusus untuk para pengunjung. Mau jalan kaki? Boleh, silahkan tidak ada yang melarang. Waktu aku ke sini juga berkeliling dengan berjalan kaki sambil menikmati udara dingin yang menyejukan. Walau pada akhirnya setelah tour selesai dan kaki mulai pegal memutuskan naik Shuttle Bus.

Yuk, Sahabat Backpack berkunjung ke kebun raya dan eksplorasi berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan luar negeri. Tidak luput nikmati keindahan alamnya yang mungkin sudah jarang teman-teman temukan di lingkungan tempat tinggal.

Seperti aku misalnya yang tinggal di Kota Industri, semua penjuru kota hanya ada pabrik-pabrik dengan suhu udara selalu di atas 30 derajat. Bahkan menemukan Danau Elysium yang cantik di lingkungan rumah saja sudah senang bukan kepalang. Apalagi bisa berkunjunjung ke kebun raya pasti tidak mengecewakan.

Oleh-Oleh Kebun Raya Cibodas

oleh-oleh kebun raya cibodas

Tidak apdol rasanya saat mengunjungi suatu objek wisata tidak membawa buah tangan. Oleh-oleh dari Kebun Raya Cibodas yaitu aneka kaktus sukulen yang cantik-cantik. Pun, dengan berbagai aneka bunga untuk mempercantik halaman rumah. Bisa juga membawa pulang kerajinan tangan untuk hiasan meja atau membeli kaos.

Lokasi:
Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur Jawa Barat. Dapat diakses dengan kendaraan umum.

Jam Operasional :
Senin-Jumat : Pukul 08.00-16.00
Senin – Minggu & Libur Nasional : 08.00 – 16.00

Tiket Masuk:
Domestik : Rp. 16.500
Wisatawan Asing : Rp. 16.500
Mobil : Rp. 20.000
Motor : Rp. 5.000

43 Replies to “Liburan Wisata Alam Seru Kebun Raya Cibodas”

  1. MasyaAllah, cantik bangeeet. Itu air terjunnya keren. Ih mupeng banget bisa main ke Kebun Raya Cibodas. Tapi kayaknya kalau dari Jakarta, enakan naik kendaraan pribadi ya, mbak?

  2. Kebun Raya Cibodas sudah jadi destinasi wisata aku dan keluarga sejak aku balita. Hahaha. Paling favorit nongkrong di tepi sungai Taman Sakura. Tapi belum pernah mendapati Sakura yang bermekaran, waktunya selalu nggak pas. Soalnya jangka waktu mekarnya cuma sekitar semingguan aja kan yaa. Terakhir ke Cibodas itu tahun lalu pas liburan lebaran.

  3. kebun raya cibodas tempatnya emang bagus, saya pernah nginep di tempat kempingnya, nyaman dan airnya bersih, seru dan pas malemnya dingin berrr

  4. Wuaaaah, asiknya wisata hijau di Kebun Raya Cibodas. Kalau aku 31 Oktober lalu baru aja keluar sarang main2 di Kebun Raya Bogor hehehe. AKu pernah naik sampai air terjun duluuu zaman masih mudah masih ngantor ke Cobodas. Kapan2 mau ah sama anak2 dan suami 🙂

  5. Ku langsung fokus ke bagian akhir, kaktus sukulen yang unyu-unyu sebagai buah tangan dari Kebun Raya Cibodas. Wah, belum pernah ke sini ajak anak-anak. Mesti direncanakan nih, secara di sekolah mereka sedang belajar aneka tumbuhan dan lingkungan alam

  6. Dejavu deh nih sm kebon raya Cibodas…
    Banyak kenangan zaman kuliah klo kegiatan extra kampus ataunintra kampus penutupan panitia sering di sini…
    Bahkan zaman awal2 kerja jg gitu…
    Dah lama bgt ga kesini

  7. Rindu jalan2 deh kalau di pameri tempat wisata begini, mana banyak spot menarik yang membuatku pengen mengunjunginya. Kayak taman lumut itu salahsatunya mbak.
    Trus paling happening suka banget lagi, sama oleh2 dari kebun raya Cibodas itu. Ada banyak sukulen unyuk yang pengen dipinang utk dibawa ke rumahh

  8. Wisata alam ini emang enak bangettt buat dicobain sesekali kalo udah terlalu suntuk kerja di rumah. Selama ini kalo liburan cuma ke kafe atau mall. Sesekali ke tempat kayak di Kebun Raya gitu cocok deh :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *